Ingin Liburan Seru dan Edukatif? Datang Saja ke Objek Wisata Bali Bird Park

bali bird park3

Wisata Bali Bird Park

Wisata Bali Bird Park menjadi tempat wisata populer di Pulau Dewata Bali.

Berbicara objek wisata di Bali memang tak ada habisnya. Apapun konsep liburan yang anda inginkan, Pulau Dewata dapat memenuhinya. Salah satu destinasi cukup populer adalah wisata Bali Bird Park. Ini merupakan objek wisata paling cocok untuk Anda yang suka terhadap binatang, terutama burung.

Di berbagai daerah mungkin terdapat taman satwa, namun tempat wisata Bali Bird Park menawarkan konsep dan pemandangan yang berbeda. Anda penasaran seperti apa daya tariknya? Untuk menuju ke tempat wisata ini, anda bisa menggunakan sewa motor Bali Dewa.

bali bird park

Daya Tarik Objek Wisata Bali Bird Park

Wisata Bali Bird Park dibangun di atas lahan seluas 2 hektare dan mulai beroperasi sejak tahun 1995 silam. Sesuai namanya, ini merupakan tempat penangkaran sekaligus pertunjukan atraksi berbagai burung, bahkan menjadi konservasi terbesar di Bali.

Secara keseluruhan Bali Bird Park memiliki 5000 burung dari 250 spesies berbeda. Tidak hanya burung asal Indonesia, tetapi juga asal Amerika dan Afrika. Meskipun namanya taman burung, namun objek wisata ini juga memiliki koleksi reptil serta aneka taman tropis sebanyak 200 jenis.

bali bird park3

Banyaknya pepohonan membuat udara di Bali Bird Park terasa begitu sejuk. Dijamin anda betah berlama-lama di sini. Daya tarik objek wisata ini adalah penataannya yang cukup keren dan futuristik. Tak heran setiap harinya ada banyak sekali wisatawan lokal maupun domestik yang berkunjung.

Pertama kali masuk, anda akan disuguhkan pemandangan burung dan tanaman dikelompokkan sesuai daerah asal, lengkap dengan rumah adatnya. Ada pula burung yang memang sengaja di lepaskan di lapangan hijau nan luas.

Burung-burung kakak tua, Kemudian di bagian tengah terdapat kolam yang dipenuhi burung pelican dan bangau berenang. Tak kalah menarik, selama perjalanan menulusuri area taman Anda juga disuguhkan pemandangan ratusan pohon yang dihinggapi burung berwarna-warni. Bagi anda yang hobby mengoleksi foto instagrammable ini bisa menjadi pilihan spot terbaik.

Aktivitas Seru di Bali Bird Park

Apa yang bisa Anda lakukan di wisata Bali Bird Park? Banyak sekali, semuanya sangat seru dan cukup worth it dengan biaya masuk yang harus anda keluarkan. Beberapa aktivitas seru tersebut di antaranya:

bali bird park2

 

1. Bali rainforest

Anda dan keluarga dapat melakukan petualangan di wisata Bali Park untuk menyaksikan aneka burung Indonesia beterbangan. Nantinya ada tour guide yang akan menjelaskan klasifikasi burung secara jelas dan detail.

Aktivitas ini cocok sekali bagi anda yang berlibur bersama anak-anak. Sebab dari Bali rainforest anda dapat memperkenalkan sekaligus mengajarkan mereka untuk mencintai satwa.

2. Basic instinct

Basic instinct merupakan aktivitas favorit banyak wisatawan. Di sini anda disuguhkan aksi burung pemangsa sedang berburu. Beberapa burung yang tampil antara lain, elang, falkon, dan burung hantu. Pertunjukan ini paling banyak mengundang decak kagum para wisatawan.

3. Guyu-guy corner

Belum sah rasanya berwisata di Bali Bird Park kalau belum mencoba guy-guy corner. Ini merupakan aktivitas berfoto bersama burung kakak tua sekaligus memberinya makan. Tak perlu khawatir, burung tersebut telah mendapat pelatihan sebelumnya, sehingga cukup ramah terhadap manusia.
Mengenai pose berfoto, ada petugas yang akan membantu anda untuk mengatur posisi burung kakak tua agar menghasilkan foto instagenic. Selain itu, memberi makan burung dijamin jadi pengalaman seru yang tak terlupakan.

4. Meet the birdstar

Hanya di wisata Bali Bird Park anda dapat melihat burung Jalak Bali, beo hitam dan julang mas. Burung langka sekaligus ikon Pulau Bali ini tentu dapat menjadi kenangan tersendiri apabila anda berhasil mengabadikannya melalui foto.

bali bird park1

5. The Komodo Experience

Menariknya, di sini anda tak hanya dapat melihat aneka spesies burung. Tetapi juga kumpulan reptil dari Asia Tenggara seperti ular piton, komodo, serta berbagai macam spesies kadal. Aneka reptil ini diletakkan dalam kandang dan dijaga oleh petugas, sehingga pengunjung tetap aman saat melihatnya.

6. Bioskop 4 dimensi

Aktivitas seru yang tak boleh dilewatkan saat berada di wisata Bali Bird Park adalah nonton di bioskop 4 dimensi. Di sini, wisatawan dapat melihat film pendek mengenai burung yang hidup di alam bebas.
Mulai dari telur sampai berwujud burung, serta cara mereka bertahan hidup. Objek wisata ini memiliki banyak sekali koleksi film, sehingga beberapa kali anda datang kemari dipastikan dapat tontonan yang berbeda.

7. Area inkubator

Bukan wisata Bali kalau tak menampilkan keunikan seninya. Di wisata Bali Bird Park anda dapat memasuki area inkubator. Tempat ini menyuguhkan pertunjukan seniman Bali yang sedang menggambar telur-telur burung dengan corak tradisional. Hasilnya dijamin membuat anda geleng-geleng kepala karena takjub.

Fasilitas di Bali Bird Park

Sebagai objek wisata yang setiap harinya penuh dengan pengunjung, Bali Park memberikan fasilitas cukup lengkap demi kenyamanan anda. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  • Restoran dan cafe. Usai lelah berkeliling melihat koleksi burung, anda dapat menikmati aneka menu khas Bali. Seperti sate plecing, bebek betutu, babi guling, dan masih banyak lagi. Tak perlu khawatir, semuanya dijual dengan harga terjangkau.
  • Toko Cinderamata. Belum lengkap rasanya ke wisata Bali Bird Park jika tak membeli oleh-oleh untuk saudara atau teman di rumah. Di beberapa area wisata ini sudah tersedia toko yang menjual berbagai cindera mata yang berkaitan dengan burung.
  • Selain itu, ada pula fasilitas lain berupa toilet, area parkir, gazebo, dan lain sebagainya.
Harga Tiket Masuk Bali Bird Park

Wisata Bali Bird Park dapat anda kunjungi setiap hari pada pukul 09:00 – 17.30 WITA. Adapun harga tiket masuknya sebesar Rp 140.000/dewasa dan Rp 75.000/anak-anak (usia 2-12 tahun). Sementara bagi anak di bawah 2 tahun tidak dikenakan biaya alias gratis.

Selain itu, bagi anda yang datang bersama rombongan minimal 20 orang akan mendapatkan fasilitas tour guide secara gratis. Perlu diingat, saat memasuki wisata ini anda tidak diperbolehkan membawa binatang peliharaan demi menjaga kenyamanan wisatawan lain dan binatang dalam taman.

Cara Menuju Bali Bird Park

Lokasi wisata Bali Bird Park berada di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan Gianyar. Berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Denpasar. Wisata ini mudah diakses dari manapun dan infrastruktur menuju ke sana juga cukup bagus.

Anda dapat menggunakan berbagai moda transportasi. Bagi anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, sebaiknya menyewa mobil atau sepeda motor. Sebab tarifnya lebih murah dibandingkan dengan naik kendaraan umum.

Wah, wisata Bali Bird Park sangat menarik, kan? Segera atur waktu liburan bersama keluarga ke taman burung edukatif ini. Perlu diingat saat berkunjung ke sini tak boleh lengah dalam mengawasi anak-anak.

Sebab meskipun banyak penjaga yang bertugas, namun binatang terkadang berbuat di luar pekirakan. Lalu, sepulang dari sini jangan lupa untuk melanjutkan perjalanan ke wisata terdekat, antara lain Batubulan, Pasar Seni Sukawati, dan Pantai Sanur.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan jejak disini gan...