10 Tempat Wisata Bali untuk Anak yang Seru dan Edukatif

 10 Tempat Wisata Bali untuk Anak yang Seru dan Edukatif

Wisata Bali Untuk Anak

Tak ada yang dapat memungkiri bahwa Bali memang surganya pecinta travelling. Di Pulau Pandawa ini ada banyak sekali destinasi wisata yang memukau. Namun, bagaimana jika liburannya harus membawa anak? Memilih wisata Bali untuk anak ternyata tak bisa sembarangan.

Anda perlu memperhatikan tingkat keamanan dan sebisa mungkin mencari yang dapat memberi nilai edukasi. Oleh karena itu, kali ini akan dibagikan beberapa rekomendasi wisata terbaik untuk anak. Agar liburan semakin seru, Anda bisa menggunakan jasa sewa motor Bali Dewa.

Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Bali

Berikut beberapa tempat wisata anak di Bali yang aman, menyenangkan, serta memiliki banyak nilai edukasi di dalamnya, yaitu:

1. Taman Nusa Gianyar

Taman Nusa Gianyar merupakan wisata yang menyajikan keberagaman budaya Indonesia dari jaman pra sejarah sampai masa kini. Cocok sekali bagi anda yang mencari tempat wisata anak di Bali dengan konsep edukasi. Di sini anak-anak akan memperoleh informasi budaya secara atraktif dan interaktif.

 10 Tempat Wisata Bali untuk Anak yang Seru dan Edukatif

Pengenalan di mulai dari bangunan-bangunan primitif, replika kecil Candi Borobudur, 60 rumah adat lengkap dengan keseniannya, patung Gajah Mada, patung proklamator, miniatur kereta api tiga dimensi, sampai kerajinan tangan era Indonesia modern.

Lokasi wisata ini berada di Jalan Taman Bali, Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Gianyar. Anda bisa mengunjungi Taman Nusa Ganyar pada pukul 09:00 – 17:00 WITA. Sementara harga tiket masuknya sebesar Rp 85.000 bagi dewasa dan Rp 70.000 bagi anak-anak.

2. Pulau Penyu Tanjung Benoa

Ingin ke wisata Bali untuk anak yang berupa pantai? Pulau Penyu Tanjung Benoa rekomendasi terbaiknya. Di sini anda dapat mengajak anak untuk bermain dengan penyu hijau di tepi pantai atau melihat sekaligus belajar tentang penangkarannya.

 10 Tempat Wisata Bali untuk Anak yang Seru dan Edukatif

Dan yang paling seru adalah aktivitas glass bottom boat dan turtle island tour. Seperti apa bentuk kegiatannya? Anda bersama keluarga akan dibawa ke tengah laut dengan jarak sekitar 500 meter dari pinggir pantai menggunakan boat. Nah, dari atas boat tersebut anda bisa melihat pemandangan indah biota laut sekaligus memberi makan ikan.

Biaya untuk glass bottom boat and turtle island tour adalah Rp 350.000/boat dengan kapasitas 10 orang. Jadi, semakin banyak rombongan, maka semakin murah. Sementara harga tiket masuk Pulau Penyu Tanjung Benoa hanya Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 bagi anak-anak.

3. Devdan Show

Wisata Bali untuk anak kecil satu ini tak hanya menghibur, tetapi juga memberi edukasi. Devdan Show merupakan pertunjukan tarian tradisional serta kebudayaan Indonesia yang dikemas dengan cara akrobat dan diiringi musik. Durasi pertunjukan biasanya sekitar 90 menit. Memperkenalkan kebudayaan melalui panggung teater yang menakjubkan seperti ini tentu lebih disukai anak-anak.

 10 Tempat Wisata Bali untuk Anak yang Seru dan Edukatif

Lokasi Devdan Show berada di komplek ITDC, Nusa Dua, Badung. Anda bisa mengunjunginya mulai pukul 19.30 WITA di hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu. Adapun harga tiket masuknya Rp 300.000. Pada waktu-waktu tertentu biasanya Devdan Show memberikan potongan harga.

4. Waterbom Bali

Waterbom merupakan salah satu wisata Bali untuk anak kecil yang jadi favorit banyak wisatawan. Pasalnya, tempat ini memiliki 15 wahana air serta fasilitas bermain lainnya. Tak heran jika di tahun 2018 lalu mendapatkan penghargaan waterbom terbaik di Asia pada kategori Asia’s Leading Water Park.

 10 Tempat Wisata Bali untuk Anak yang Seru dan Edukatif

Wahana santai yang bisa anda coba bersama anak-anak di Waterbom Bali, yakni Lazy River dan Funtastic. Tak ada salahnya juga mencoba wahana yang extreme, seperti Smash Down 2.0, Twin Racers, Fast N Fierce, dan masih banyak lagi. Namun, jangan lupa untuk selalu mengawasi sang buah hati.

Lokasi Waterbom Bali terletak di Jalan Kartika Plaza Tuban, Kuta, Badung. Anda dapat memasuki wisata ini dengan biaya Rp 327.000 untuk anak-anak dan Rp 455.000 untuk dewasa.

5. Bali Zoo Park Gianyar

Kebun binatang tampaknya masih menjadi rekomendasi terbaik tujuan wisata Bali untuk anak. Bali Zoo Park Gianyar memiliki aneka ragam satwa yang bisa anda kenalkan pada anak. Dari sini anda dapat mengajarkan mereka untuk mencintai binatang.

 10 Tempat Wisata Bali untuk Anak yang Seru dan Edukatif

Beberapa aktivitas menarik yang ditawarkan Bali Zoo antara lain, memberi makan binatang, menaiki kuda poni, menonton pertunjukan burung, dan bermain di wahana air Jungle Splash Waterplay.

Bagi anda yang tertarik untuk datang ke Bali Zoo, lokasinya berada di Jalan Raya Singapadu, Sukawati, Gianyar. Anda bisa mengunjungi setiap hari pada pukul 09:00 – 17:00 WITA. Sementara harga tiket masuknya sebesar Rp 110.000 untuk dewasa dan Rp 85.000 untuk anak-anak.

6. Upside Down World Bali

Rekomendasi wisata daerah Bali untuk anak selanjutnya adalah Upside Down World Bali. Sesuai dengan namanya, di sini anda dapat berfoto bersama anak-anak dengan hasil terlihat terbalik.

Beberapa ruangan terbalik yang disediakan antara lain, living room lengkap dengan tungku api, master bed room, kids room, ruang 3D, dapur, laundry, bathroom, dan pemandangan Bali lengkap dengan kebun.

Anda tak perlu khawatir soal pose, di sini ada pemandu yang bisa mengajari anda agar hasil foto instagrammable dan unik. Lokasi Upside Down World Bali berada di Jalan By Pass Ngurah Rai, Pemogan, Denpasar. Jam bukanya mulai pukul 09:00 sampai 20:00 WITA. Anda bisa masuk wisata ini dengan biaya Rp 100.000 bagi dewasa dan Rp 75.000 bagi anak-anak.

7. Dream Museum Zone (DMZ) Bali

Wisata daerah Bali untuk anak yang tak boleh anda lewatkan adalah Dream Museum Zone. Di sini anda dapat berfoto dengan 120 lukisan 3D super kece yang memiliki tema berbeda. Secara keseluruhan ada 14 tema dengan efek ilusi yang disediakan.

Pertama kali masuk anda akan disuguhkan ruangan yang penuh dengan lukisan wilayah Veneselia Italia, area gurun pasir Mesir, candi-candi Indonesia, serta hutan Amazon. Selanjutnya, anda akan melihat lukisan-lukisan lain dengan tema parodi lukisan terkenal, renaissance, binatang, pulau Bali, dan masih banyak lagi.

Anda tertarik untuk mengunjunginya? Silahkan datang ke Jalan Nakula No 33 X, Kuta, Badung, Bali. Jam operasional dimulai pukul 09:00 – 20:00 WITA. Adapun tiket masuk Dream Museum Zone Bali adalah Rp 100.000 untuk dewasa maupun anak.

8. Charly’s Chocolate Factory

Anak anda sangat menyukai cokelat? Datang saja ke Charly’s Chocolate Factory. Di sini anak-anak dapat mencoba berbagai olahan coklat dari beberapa restoran. Selanjutnya, anda dan keluarga bisa bermain di sebuah bangunan bernuansa cokelat yang terbuat dari bambu. Tak kalah menarik, disamping rumah ada pula bangunan yang didesain mirip kapal besar.

 10 Tempat Wisata Bali untuk Anak yang Seru dan Edukatif

Anda bisa berkeliling di dalamnya untuk foto atau sekadar duduk santai. Lokasi Charly’s Chocolate Factory terletak di Jalan Pantai Jasri, Subagan, Karangasem. Kabar baiknya, harga tiket masuk wisata ini cukup murah, yakni Rp 10.000.

9. Bali Treetop Adventure

Bagi anda yang ingin mendapatkan liburan sekaligus melatih daya tanggap anak, maka datanglah ke Bali Treetop Adventure. Letaknya berada di alam terbuka yang menyejukkan. Wisata ini menyediakan 7 adventure circuit, 72 permainan tantangan, serta flying fox sepanjang 160 meter. Anda bisa memilih level sirkuit sesuai dengan usia anak.

 10 Tempat Wisata Bali untuk Anak yang Seru dan Edukatif

Bali Treetop Adventure berada di Eka Karya, Bali Botanical Garden, Candi Kuning. Anda bisa mengunjunginya pada pukul 09:30 – 18:00 WITA. Sementara harga tiket masuknya sebesar Rp 230.000 untuk dewasa dan Rp 125.000 untuk anak-anak.

10. Pondok Pekak Ubud Library

Siapa bilang perpustakaan tak bisa jadi tempat berlibur yang menyenangkan? Pondok Pekak Ubud Library menawarkan suasana dan kegiatan yang bebeda dari perpustakaan pada umumnya. Di sini anak dapat bemain sambil belajar kebudayaan. Ada 30.000 jenis buku yang bisa dibaca.

Sementara aktivitas lain yang dapat dilakukan antara lain, belajar musik tradisional, menari, membuat topeng, belajar bahasa asing, dan masih banyak lagi. Lokasi Pondok Pekak Ubud Library berada di Jalan Monkey Forest, Ubud. Anda tak perlu membayar biaya masuk ke perpustakaan ini.

Nah, itulah rekomendasi wisata Bali untuk anak. Manakah yang akan anda kunjungi bersama buah hati tercinta? Wisata apapun yang anda pilih jangan lupa untuk selalu mengawasi si kecil dengan baik dan selipkan nilai-nilai edukasi dalam liburan anda. Selamat bersenang-senang bersama sang buah hati.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan jejak disini gan...