Yuk, Cek Dulu Tips Menyewa Mobil Sebelum Berangkat Liburan

Yuk, Cek Dulu Tips Menyewa Mobil Sebelum Berangkat Liburan, Motor Bali Rental - Sewa Motor di Ubud

Tips Menyewa Mobil

Yuk perhatikan tips menyewa mobil supaya liburan lancar dan menyenangkan.

Menyewa mobil sudah menjadi kebutuhan dan diminati banyak orang. Pasalnya, cara ini lebih mudah, hemat dan menguntungkan. Misal, bagi anda keluarga besar yang ingin berlibur, tinggal menghubungi jasa rental sudah bisa berangkat bersama semuanya.

So, menurut kami tentunya menyewa jauh lebih hemat daripada harus membeli, bukan? Toh, keperluan menggunakan mobil hanya di waktu tertentu saja. Kemudian, saat dibandingkan dengan naik transportasi umum, menyewa mobil lebih leluasa mengatur waktu dan destinasi. Namun, sebelum memutuskan untuk memilih jasa rental, sebaiknya baca terlebih dahulu tips menyewa mobil.

Untuk memenuhi kebutuhan akan sewa mobil, Dewa Motor Bali Rental menjadi solusinya.

Tips Menyewa Mobil Rental

Ada beberapa tips menyewa mobil rental yang perlu diperhatikan supaya tidak salah pilih. Sebab banyaknya jasa rental bisa saja membuat bingung.

1. Bandingkan harga setiap rental mobil

tips menyewa mobil 2 - Yuk, Cek Dulu Tips Menyewa Mobil Sebelum Berangkat Liburan

Jangan terburu-buru memilih jasa rental. Bandingkan terlebih dahulu harga sewa yang ditawarkan. Bukankah lumayan hemat meski selisih tarifnya tidak beda jauh. Apalagi terkadang ada yang memberi diskon di waktu tertentu.

Harga sewa mobil saat ini cukup variatif. Berkisar antara Rp 150 ribu – Rp 450 ribu. Biasanya mereka menyediakan tipe sewa untuk per hari, per bulan, bahkan per tahun.

Cara membandingkan harga bisa dilakukan dengan melihat website mereka. Biasanya tarifnya tertera di sana. Jika tidak ada, anda bisa mendatangi tempatnya langsung. Namun, di era saat ini, rasanya patut sedikit dipertanyakan apabila ada jasa rental mobil tidak menyediakan informasi yang bisa diakses secara online.

2. Pastikan harga sesuai fasilitas

Tips menyewa mobil rental selanjutnya adalah cerdas menakar harga. Jangan mudah terpikat dengan harga murah atau terlalu miring. Namun, juga jangan langsung sepakat membayar terlalu tinggi. Sebab, di musim liburan banyak sekali oknum dengan modus penipuan.

Jadi, bagaimana cara memperoleh harga yang benar? Mudah saja, lihat fasilitasnya. Patut dipertanyakan jika ada yang menawarkan biaya murah untuk meng-cover semuanya (sewa, bahan bakar, over time, asuransi).

Demikian pula jika ada yang membanderol dengan harga tinggi padahal kendaraannya tipe lama. Selanjutnya, untuk memudahkan anda bisa melihat dari testimoni pelanggan mereka. Apakah memuaskan atau tidak.

3. Pilih tipe mobil sesuai kebutuhan

Poin tips menyewa mobil satu ini seringkali tidak dijalankan dengan tepat saat menyewa kendaraan roda empat. Terutama oleh mereka yang tidak tahu banyak tentang tipe kendaraan. Akibatnya, perjalanan menjadi kurang nyaman.

Setelah yakin memilih jasa rental, lihat apa saja tipe yang disediakan dan pilih sesuai kebutuhan anda. Apabila tidak paham, jangan malu untuk meminta saran mana yang paling tepat.

Misal, untuk liburan road trip bersama keluarga besar pilih MPV Mitsubishi Xpander, kemudian untuk melewati medan sulit sewa tipe SUV, atau jika hanya untuk dalam kota pilih saja mobil berjenis City Car.

4. Tanyakan syarat sewa

tips menyewa mobil rental 1 - Yuk, Cek Dulu Tips Menyewa Mobil Sebelum Berangkat Liburan

Setiap jasa rental mobil memiliki syarat dan ketentuan berbeda. Maka dari itu, tips menyewa mobil selanjutnya adalah baca dan teliti. Memang membosankan harus membaca ketentuan panjang lebar, namun ini tidak boleh dilewatkan.

Tak sedikit orang merasa tertipu, terutama soal harga. Padahal sebenarnya ini dikarenakan kurang pahamnya terhadap syarat sewa yang berlaku. Pada umumnya, syarat sewa mobil meliputi mengisi formulir, fotokopi KTP, SIM.

Khusus untuk formulir rata-rata sudah bisa diisi secara online. Namun sekali lagi, baca dengan teliti persyaratan yang ditetapkan jasa rental pilihan anda.

5. Tanyakan ketentuan tambahan

Tidak hanya persyaratan bisa menyewa, berbagai hal meliputi ketentuan tambahan perlu dipertanyakan. Mulai dari soal sewa mobil lepas kunci atau sewa mobil dengan driver. Apabila ada opsi lepas kunci artinya, anda boleh menyewa tanpa memakai supir dari pihak rental tersebut. Jangan lupa menanyakan perbedaan harga dari kedua opsi ini.

Selanjutnya, pahami dengan baik mengenai klaim asuransi. Tanyakan jenis, manfaat, cakupan perlindungan, serta berapa uang pertanggungan yang akan didapat. Hal ini perlu dilakukan, sebab kalimat yang tertulis dalam perjanjian asuransi kerap kali menimbulkan salah tafsir.

Dan tak kalah penting adalah mengetahui biaya over time sewa mobil. Banyak orang baru sewa mobil mengira bahwa tarif yang dibayar mencakup semuanya. Over time berarti anda menggunakan kendaraan melebihi waktu kesepakatan. Masing-masing rental memiliki peraturan berbeda soal besar tarif ini. Biasanya, jika overtime hanya 1 jam tidak akan dikenakan biaya tambahan.

6. Cek kondisi mobil

Beberapa poin tips menyewa mobil di atas bisa anda lakukan secara online, namun untuk ini harus datang langsung ke lokasi. Anda tentu tidak mau biaya yang dikeluarkan menjadi sia-sia, karena ternyata kendaraan tidak sesuai yang dijanjikan. Apalagi kalau harus menanggung hal-hal tidak diinginkan saat berada di perjalanan.

Beberapa komponen yang perlu anda cek, di antaranya body lecet atau tidak, kondisi ban, rem, dan kelayakan mesin. Di antara cara mengecek yang mudah, gunakan alat bantu volt meter untuk melihat alternator dan aki.

Kemudian, coba hidupkan mesin. Apabila dalam beberapa menit tersengal-sengal berarti mesin mobil dalam kondisi tidak baik. Sementara untuk ban, pastikan bahwa kondisi ukiran kembangnya masih bagus atau minimal 70 persen.

Jasa rental bagus biasanya selalu melakukan service berkala ke bengkel resmi. Saat mengecek, pastikan kedua belah pihak tahu benar mengenai kondisi mobil. Bila perlu, foto kondisi mobil sebelum berangkat.

Sebab, jika sampai ada kerusakan saat di perjalanan itu menjadi tanggung jawab anda sebagai penyewa. Anda tentu merugi jika harus membayar kecacatan yang sebenarnya bukan disebabkan kesalahan anda.

7. Booking sejak jauh hari

Jasa rental bagus biasanya banjir pemesan, apalagi di musim liburan. Jangan sampai anda kehilangan slot karena tidak bergerak cepat. Setelah melewati semua tahapan tips menyewa mobil di atas, langsung saja booking mobil yang anda butuhkan.

Persiapkan semua persyaratannya. Tanya berapa DP yang harus dibayar. Anda tinggal tenang menunggu sampai hari yang telah ditentukan datang. Keuntungan lain dari booking sejak jauh hari adalah terhindar dari pelonjakan harga di waktu liburan. Perencanaan budget pun menjadi lebih jelas.

Berapa besar untuk akomodasi, makan, atau lainnya. Namun ingat, jangan asal booking di sembarang tempat jasa rental. Pastikan bahwa mereka kredibel dan track record-nya bagus.

8. Simpan kontak pihak rental

Tips menyewa mobil yang terakhir adalah minta nomor kontak pihak rental yang bisa dihubungi setiap saat. Lebih baik jika jalurnya tidak hanya satu, misal nomor WhatssApp, telepon biasa, dan messengger media sosial. Tujuannya untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan. Misal, saat di jalan ada kerusakan, anda bisa langsung menanyakan kepada pihak rental.

Tips menyewa mobil ini hadir untuk membantu anda dari kemungkinan salah memilih, atau penipuan oknum tidak bertanggung jawab. Pada intinya, anda harus menggunakan jasa rental terbaik supaya mendapatkan armada berkualitas. Jika masih ragu karena baru menyewa, minta bantuan saudara maupun teman untuk menjalankan tips di atas. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga

Admin Dewa Motor | Tips Menyewa Mobil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *